Senin, 08 Januari 2024

Aplikasi LinkedIn

 

REVIEW APLIKASI INTERNET

LinkedIn

Pengantar Teknologi Informasi

 




Penyusun :

NAMA           :      ULYA LAKSITALA

                                       NIM               :      1123060052

                            PRODI           :      D4-KOMPUTERISASI AKUNTANSI

   KAMPUS       :      STEKOM UNGARAN

 

 

 

 

UNIVERSITAS SAINS & TEKNOLOGI KOMPUTER

(STEKOM)

2023

 


PENDAHULUAN

 

          Linkedin adalah jaringan social untuk komunitas bisnis baik pencari kerja dan pemberi lowongan atau perusahaan. Didirikan pada tahun 2002, situs ini adalah tempat bagi professional untuk terhubung dengan kolega lama dan saat ini, membantu meningkatkan jumlah koneksi bisnis, membangun jaringan dalam industri, mendiskusikan ide bisnis, mencari pekerjaan, dan mencari karyawan baru. Pengguna Linkedin membuat profil professional seperti resume yang memungkinkan anggota situs lain mempelajari lebih lanjut tentang latar belakang bisnis mereka, bidang keahlian mereka, dan grup atau organisasi tempat mereka bergabung. Setelah pengguna membuat profilnya, mereka dapat menambahkan pengguna lain ke jaringan mereka layaknya sosial media. Profil tersebut juga menyertakan opsi untuk menyertakan pembaruan status yang memungkinkan orang-orang di jaringan pengguna mengetahui apa yang mereka kerjakan, riwayat pekerjaan, agenda dan jadwal, atau menawarkan saran bila diperlukan. Ada juga fitur yang memungkinkan mereka yang tidak masuk ke Linkedin untuk melihat bagian dari profil yang dianggap diizinkan oleh pengguna.

           Linkedin adalah jaringan social untuk komunitas bisnis baik pencari kerja dan pemberi lowongan atau perusahaan. Didirikan pada tahun 2002, situs ini adalah tempat bagi professional untuk terhubung dengan kolega lama dan saat ini, membantu meningkatkan jumlah koneksi bisnis, membangun jaringan dalam industri, mendiskusikan ide bisnis, mencari pekerjaan, dan mencari karyawan baru. Pengguna Linkedin membuat profil professional seperti resume yang memungkinkan anggota situs lain mempelajari lebih lanjut tentang latar belakang bisnis mereka, bidang keahlian mereka, dan grup atau organisasi tempat mereka bergabung. Setelah pengguna membuat profilnya, mereka dapat menambahkan pengguna lain ke jaringan mereka layaknya sosial media. Profil tersebut juga menyertakan opsi untuk menyertakan pembaruan status yang memungkinkan orang-orang di jaringan pengguna mengetahui apa yang mereka kerjakan, riwayat pekerjaan, agenda dan jadwal, atau menawarkan saran bila diperlukan. Ada juga fitur yang memungkinkan mereka yang tidak masuk ke Linkedin untuk melihat bagian dari profil yang dianggap diizinkan oleh pengguna.

 


 

PEMBAHASAN

 

 

·       Mengenal LinkedIn

          Andreas Kaplan dan Michael Haenlein (2010) dalam jurnal Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media mendefinisikan media sosial sebagai sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0, dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content. Sedangkan Jejaring sosial adalah sebuah komunitas online dimana penggunanya ingin berkomunikasi dengan pengguna lain yang mempunyai ketertarikan yang sama. Setiap jejaring sosial mempunyai karakteristik dan daya tarik masing-masing yang mempunyai pengaruh bagi masyarakat, budaya maupun politik, namun mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk berkomunikasi dengan mudah dan menarik dengan fitur-fitur yang dimiliki masing-masing jejaring sosial. LinkedIn merupakan jejaring sosial profesional online yang memungkinkan penggunanya untuk terhubung dengan orang-orang profesional maupun berbagai macam perusahaan dari seluruh penjuru dunia. Dengan lebih dari 347 juta anggota di seluruh dunia, Linkedin menawarkan berbagai fasilitas yang berhubungan dengan dunia karir professional penggunanya. Dikutip dari jurnal Applying Uses and Gratifications Theory to Students’ Linkedin Usage oleh Bela Florental (2015: 17)yang mengutip dari Bradley (2011) dan Buck (2012)bahwa to cater exclusively to professionals, it enables users to search for employment opportunities, research companies and industries, include resume information in their profiles and give or receive recommendations. On LinkedIn or other business networks, the focus is clearly on professional life (Papacharissi, 2009). Linkedin merupakan salah satu situs jejaring sosial yang begitu populer belakangan ini baik perindividu maupun perusahaan. Jika situs jejaring sosial lainnya sperti Facebook, WhatsApp, Instagram, Twitter lebih beriorientasi pada layanan pertemanan dan pribadi, situs jejaring sosial Linkedin ini beriorientasi pada layanan bisnis terutama untuk jaringan profesional dan pengusaha. Linkedin memiliki perbedaan yang menonjol antara situs jejaring sosial lainnya terletak pada bentuk penyajian informasinya yang mirip dengan sebuah riwayat hidup, CV (curriculume Vitae), atau resume lengkap seseorang. Oleh sebab itu, banyak menggunakan linkedin oleh peusahaan unruk mencari calon pekerja yang dibutuhkan serta mempromosikan atau memperluas jaringan bisnis mereka. Di Indonesia, banyak perusahaan yang sudah menggunakan situs ini, guna kepentingan bisnis. Beberapa diantaranya adalah PT. HM Sampoerna, Kopi Kenangan, dan PT. Bank Mandiri. Saat ini, pengguna Linkedin mencapai lebih dari 150 juta dari 200 negara dn wilayah di seluruh dunia. Menurut Republika.co.id (21 Februari ~ 199 ~ 2012), pengguna Linkein di Indonesia tembus 1 juta.

 

 

 

·       Sejarah Dibentuknya Situs LinkedIn

          Pendiri utama Linkedin adalah Reid Hoffman, pada tahun 2002. Situs resmi LinkeIn, yaitu http://www.Linkedin.com/ yang diluncurkan pada 5 Mei 2003. Saat itu, Reid Hoffman menggunakan sebanyak 350 kenalanya untuk bergaabung di situs tersebut. Profil mereka dimuat di dalam situs tersebut. di akhir bulan, situs Linkedin berhasil menjaring 4.500 pengguna. Dan akhirnya Linkedin memiliki lebih dari 14 juta pengguna yang meliputi 150 perusahaan dari berbagai negara pada bulan September 2007. Melalui situs Linkedin, penggunanya dapat mengenal beberapa perusahaan sehingga mempermudah mereka untuk mencari pekerjaan. Begitu juga sebaliknya, perusahaan juga dapat menemukan karyawan professional yang dibutuhkan dengan mudah. Dan inilah rahasia kesuksesan situs Linkedin. Kebanyakan orang pasti tidak mau mencampurkan kehidupan pribadi mereka dengan kehidupan karir mereka. Mungkin mereka akan senang mengupload berbagai foto pribadi pada situs jejaring social lainnya seperti facebook atau twitter, tetapi mereka tidak akan melakukannya pada situs jejaring social Linkedin. Hal ini disebabkan karena mereka tidak ingin foto-foto pribadi itu dilihat oleh perusahaan yang mungkin akan merekrut mereka. Linkedin bisa mendapatkan uang dari para pengguna yang terdaftar sebagai anggota, penjualan iklan, dan informasi lowongan kerja. Berbeda dengan situs jejaring social lainnya seperti Facebook atau Twitter yang bergantung pada iklan, penghasilan situs jejaring sosial Linkedin yang signifikan berasal dari upah yang diberikan oleh jasa pencarian kerja. Setiap detik ada anggota baru yang bergabung di Linkedin. Sekarang ini Linkedin sudah mempunyai lebih dari 150 juta anggota dari 200 negara. Kantor pusat Linkedin berada di Mountain View, California. Perusahaan ini didanai oleh Sequoia Capital, Greylock Partners, serta Bessemer Venture Partners. Pada tahun 2003, Sequoia Capital menanamkan modal $4,7 juta dan kini meningkat menjadi sekitar $1,6 miliar. Pada tahun 2004, Greylock Partners menanamkan modal $10 juta kini meningkat menjadi sekitar $1,3 miliar. Pada tahun 2007, Bessemer Venture Partners menanamkan modal $12,8 juta dan kini meningkat menjadi sekitar $430 juta.

 

 

·       Pendiri Linkedin

Linkedin didirikan oleh beberapa orang berikut:

1. Reid Hoffman

2. Allen Blue

3. Konstantin Guericke

4. Eric Ly

5. Jean-Luc Vaillant

 

 

 

·       Fitur-fitur Linkedin

Fitur-fitur Linkedin, diantaranya:

1. Search

Digunakan untuk melakukan pencaharian dengan cepat dan mudah hanya dengan menuliskan kata kunci tertentu. Berapa hal yang bisa dicari adalah pekerjaan, orang, pembaruan, tanya jawab, kontak pesan dan grub.

2. Add connections

Dengan fitur ini bisa menambahkan koneksi untuk memperluas dan meningkatkan hubungan profesional anda. Anda dapat mengundang siapa saja untuk menjadi koneksi anda baik melalui impor kontak dari alamat email anda atau melalui email denganmengirimkan pesan undangan untuk bergabung di Linkedin.

3. Share Update Status

Linkedin memungkinkan untuk berbagi update status seperti halnya pada status jejaring sosial facebook atau Twitter. Linkedin sudah dilengkapi dengan fitur Twitter Application sehingga apabila akun Linkedin anda terintegrasi dengan akun twitter anda, maka akan muncul di akun twitter anda.

4. Company Page

Dengan fitur ini bisa mengetahui berbagai informasi seputar perusahaan, produk, atau jasa yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan.

5. Company Follow

Fitur ini diguanakan untuk mempermudah jika ingin mengikuti perusahaan tertentu yang tergabung di Linkedin.

6. Company Share

Dapat membagikan Perusahaan kepada pengguna lain dengan cepat dan mudah menggunkan fitur Share.

7. Group

Linkedin memiliki berbagai macam grup atau kelompok dimana dapat bergabung di dalamnya.

8. Share Group

Ketika berada dalam sebah grup tertentu, bisa melihat link share group yang memungkinkan kita untuk dapat membeagikan grup kepada orang lain dengan cepat dan mudah.

9. Linkedin Today

Linkedin menyediakan layanan Linkedin Today dimana kita dapat mengetahui berita-berita atau informasi terkini seperti layaknya sedang membaca surat kabar.

10. Answer

Fitur ini mirip dengan layanan Yahoo! Answer dimana dapat membagikan pertanyaan kepada orang lain kemudian anda akan mendapatkan jawaban atas pertanyaan tersebut.

11. Apply Now

Fitur ini digunakan untuk mempermudah kita ketika ingin melamar pekerjaan.

12. Save Job

Ketika membuka halaman lowongan pekerjaan, anda juga akan melihat link Save Job yang

memungkinkan kita untuk menyimpan lowongan pekerjaan yang disediakan oleh Perusahaan tertentu.

13. Share Job

Setiap lowongan pekerjaan yang disediakan peerusahaan juga dapat dibagikan ke Likedin, Facebook, Dan Twitter.

 

 

·       Manfaat Linkedin

Linkedin unggul dalam hal bidan bisnis dan karier, jika dibandingkan dengan situs jejaring sosial lainnya, seperti facebook atau twiter. LinkedIn has many capabilities that facilitate the type of networking that college students must engage in to find internships, jobs and make professional connections. Users post an equivalent to a resume on the site, including specific skills they possess. The website uses statistical techniques to connect or link users with potential contacts and relevant groups (Albrecht, 2011). Berikut adalah manfaat ketika memakai jejaring sosial Linkedin :

1. Membangun profil profesional

Penyajian informasi di Linkedin bisa dijadikan sebagai CV atau resume lengkap untuk promosi diri dalam mencari pekerjaan. Anda dapat membuat dan mengatur sendiri informasiinformasi apa saja yang menurut anda penting untuk diketahui oleh professional lainnya.

2. Membangun jaringan professional

Linkedin dapat digunakan siapa saja dari berbagai kalangan baik itu individu atau perusahaan. Dengan bergabung di Linkedin anda bisa membangun dan memelihara jaringan professional dengan semua orang. Di dalam Linkedin juga tersedia beberapa group atau kelompok dimana anda dapat bergabung di dalamnya sesuai dengan bidang, profesi, keahlian, atau kemampuan yang anda miliki.

3. Mengenal Perusahaan

Melalui Linkedin anda juga dapat mengenal perusahaan-perusahaan yang anda minati mengingat saat ini banyak perusahaan yang memanfaatkan Linkedin untuk mencari tenaga kerja professional atau mempromosikan bisnis mereka.

4. Tetap terhubung dengan teman atau kolega

Perkembangan dunia informasi yang sangat cepat juga memungkinkan seseorang untuk mengubah-ubah informasi tentang dirinya dengan cepat. Dengan bergabung di Linkedin, anda tetap bisa terhubung dengan teman atau kolega anda, sehingga apabila mereka melakukan perubahan informasi tentang dirinya, anda tetap dapat mengetahui update terbaru perubahan informasi tersebut.

5. Menemukan seorang ahli

Misalnya anda sedang menghadapi sebuah masalah dan anda tidak bisa menyelesaikannya, anda bisa memanfaatkan Linkedin untuk mencari solusi tentang masalah anda. Anda dapat menemukan seorang ahli berdasarkan nama, pekerjaan, perusahaan, atau kata kunci lain yang terkait dengan masalah anda.

6. Menemukan mitra bisnis

Menemukan mitra bisnis terkadang menjadi sebuah proses yang lama dan melelahkan karena anda harus melakukan seleksi. Tetapi dengan Linkedin anda dapat menemukan mitra bisnis dengan cepat dan mudah. Anda hanya menemukan orang yang tepat diantara banyak pengguna Linkedin.

7. Peluang berkembang karir

Melalui Linkedin anda bisa mencari informasi seputar pekerjaan yang akan menunjang pengembangan karir anda. Selain itu perusahaan yang bergabung di Linkedin juga dapat membuka halaman profil anda sehingga mereka bisa melihat portofolio anda. Apabila portofolio anda sesuai dengan kriteria Perusahaan mereka, tentunya ada kemungkinan perusahaat tersebut merekrut anda.

8. Sebagai alat rekrutmen perusahaan

Dikutip dari jurnal Penerapan Platform Media Sosial Linkedin Sebagai Alat Rekrutmen oleh (Hamzah dan M. Hatta, 2021: 15) bahwa Proses rekrutmen konvensional menghabiskan lebih banyak waktu dan biaya serta organisasi terbaik dalam mempekerjakan karyawan terbaik dengan biaya terendah. Hal tersebut menjadi sebuah keharusan dalam bersaing demi meraih keunggulan kompetitif di dunia industri. Seiring berjalannya waktu, proses rekrutmen sudah berubah dari metode konvensional menjadi metode dengan penerapan teknologi seperti melalui rekrutmen berbasis website, job street, dan social media sebagai alat rekrutmen perusahaan.

 

 

 

·       Cara Menggunakan Linkedin

Linkedin dapat digunakan oleh semua orang baik itu individu maupun perusahaan. Bagi individu, Linkedin berfungsi sebagai media untuk promosi diri dalam mencapai pekerjaan. Sedangkan bagi perusahaan, Linkedin berfungsi sebagai media untuk mencari karyawan serta memperomosikan atau memperluas jaringan bisnis mereka.

 

 

Berikut cara cara untuk menggunakan Linkedin:

1. Menambahkan koneksi

Di dalam Linkedin anda bisa menambahkan koneksi sebanyak mungkin untuk memperluas jaringan professional anda. Berikut ini adalah beberapa teknik yang bisa digunakan untuk menambahkan koneksi.

a.     Melalui fitur add connection

b.     Melalui fitur search

c.     Melalui halaman profile seseorang

2. Meminta Rekomendasi

Rekomendasi adalah sebuah komentar yang ditulis untuk merekomendasikan seseorang terkait dengan pekerjaan atau sekolah mereka. Sebelum membuat keputusan untuk merekrut atau menjalin hubungan, biasanya perusahaan akan mempertimbangkan rekomendasi yang anda miliki. Salah satu cara untuk mendapatkan rekomendasi yaitu dengan meminta rekomendasi kepada koneksi anda.

3. Merekomendasikan seseorang

Anda juga dapat merekomendasikan orang lain sebagai rekan kerja, penyedia layanan, mitra bisnis, atau teman sekolah anda. Dengan merekomendasikan seseorang tentunya jaringan professional anda akan semakin kuat.

4. Melakukan update status

Selain untuk menjalin koneksi dan memperluas jaringan professional, Linkedin juga dapat digunakan untuk berbagi pikiran, ide, berita, atau informasi melalui update status.

5. Membagi link URL

Misalnya anda menemukan artikel yang menarik di internet dan ingin memberitahukannya kepada orang lain, anda bisa langsung membagikannya dengan melampirkan link URL situs tersebut pada update status.

6. Memberikan komentar

Untuk mempererat hubungan koneksi dan jaringan professional, anda bisa saling memberi komentar pada aktivitas koneksi anda.

7. Mengirim pesan

Anda dapat mengirim pesan untuk berinteraksi dengan koneksi anda. Ada 3 metode yang bisa anda gunakan untuk mengirim pesan, yaitu melalui halaman Inbox, Connections, dan profile.          

 

 

 

·       Gambaran Aplikasi LinkedIn

  Gambar 1.1 Logo LinkedIn



Gambar 1.1 Halaman Utama LinkedIn


Gambar 1.2 Profil Pengguna LinkedIn

 

Gambar 1.3 Lowongan pekerjaan dan koneksi yang tersedia dalam LinkedIn

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

1.     https://bentaracampus.ac.id/mengenal-linkedin-manfaat-dan-tips-membuatnya-bagi-mahasiswa/

2.     https://id.linkedin.com/pulse/manfaat-linkedin-bagi-karir-pekerjaan-kita-maria-josefina

3.     https://www.detik.com/jabar/jabar-gaskeun/d-6238037/linkedin-apa-itu-fungsi-dan-cara-menggunakan

4.     https://www.spylead.com/blog/known-and-unknown-benefits-of-linkedin

5.     https://dianisa.com/pengertian-linkedin/

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

say the name SEVENTEEN

SEVENTEEN Seventeen  ( bahasa korea  :   세븐틴  ; ditulis dalam  huruf kapital semua  atau sebagai  SVT ) adalah  boy band  Korea Selatan  yan...