REVIEW APLIKASI INTERNET
LinkedIn
Pengantar Teknologi Informasi
Penyusun :
NAMA :
ULYA LAKSITALA
NIM :
1123060052
PRODI :
D4-KOMPUTERISASI AKUNTANSI
KAMPUS :
STEKOM UNGARAN
UNIVERSITAS SAINS & TEKNOLOGI KOMPUTER
(STEKOM)
2023
PENDAHULUAN
Linkedin
adalah jaringan social untuk komunitas bisnis baik pencari kerja dan pemberi
lowongan atau perusahaan. Didirikan pada tahun 2002, situs ini adalah tempat
bagi professional untuk terhubung dengan kolega lama dan saat ini, membantu meningkatkan
jumlah koneksi bisnis, membangun jaringan dalam industri, mendiskusikan ide
bisnis, mencari pekerjaan, dan mencari karyawan baru. Pengguna Linkedin membuat
profil professional seperti resume yang memungkinkan anggota situs lain mempelajari
lebih lanjut tentang latar belakang bisnis mereka, bidang keahlian mereka, dan
grup atau organisasi tempat mereka bergabung. Setelah pengguna membuat
profilnya, mereka dapat menambahkan pengguna lain ke jaringan mereka layaknya
sosial media. Profil tersebut juga menyertakan opsi untuk menyertakan pembaruan
status yang memungkinkan orang-orang di jaringan pengguna mengetahui apa yang
mereka kerjakan, riwayat pekerjaan, agenda dan jadwal, atau menawarkan saran
bila diperlukan. Ada juga fitur yang memungkinkan mereka yang tidak masuk ke Linkedin
untuk melihat bagian dari profil yang dianggap diizinkan oleh pengguna.
Linkedin adalah jaringan social untuk komunitas
bisnis baik pencari kerja dan pemberi lowongan atau perusahaan. Didirikan pada
tahun 2002, situs ini adalah tempat bagi professional untuk terhubung dengan
kolega lama dan saat ini, membantu meningkatkan jumlah koneksi bisnis, membangun
jaringan dalam industri, mendiskusikan ide bisnis, mencari pekerjaan, dan
mencari karyawan baru. Pengguna Linkedin membuat profil professional seperti
resume yang memungkinkan anggota situs lain mempelajari lebih lanjut tentang
latar belakang bisnis mereka, bidang keahlian mereka, dan grup atau organisasi
tempat mereka bergabung. Setelah pengguna membuat profilnya, mereka dapat menambahkan
pengguna lain ke jaringan mereka layaknya sosial media. Profil tersebut juga
menyertakan opsi untuk menyertakan pembaruan status yang memungkinkan
orang-orang di jaringan pengguna mengetahui apa yang mereka kerjakan, riwayat
pekerjaan, agenda dan jadwal, atau menawarkan saran bila diperlukan. Ada juga
fitur yang memungkinkan mereka yang tidak masuk ke Linkedin untuk melihat
bagian dari profil yang dianggap diizinkan oleh pengguna.
PEMBAHASAN
·
Mengenal LinkedIn
Andreas
Kaplan dan Michael Haenlein (2010) dalam jurnal Users
of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media
mendefinisikan media sosial sebagai sebuah kelompok aplikasi berbasis internet
yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0, dan yang
memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content. Sedangkan
Jejaring sosial adalah sebuah komunitas online dimana penggunanya ingin
berkomunikasi dengan pengguna lain yang mempunyai ketertarikan yang sama.
Setiap jejaring sosial mempunyai karakteristik dan daya tarik masing-masing
yang mempunyai pengaruh bagi masyarakat, budaya maupun politik, namun mempunyai
tujuan yang sama yaitu untuk berkomunikasi dengan mudah dan menarik dengan
fitur-fitur yang dimiliki masing-masing jejaring sosial. LinkedIn merupakan
jejaring sosial profesional online yang memungkinkan penggunanya untuk
terhubung dengan orang-orang profesional maupun berbagai macam perusahaan dari
seluruh penjuru dunia. Dengan lebih dari 347 juta anggota di seluruh dunia,
Linkedin menawarkan berbagai fasilitas yang berhubungan dengan dunia karir
professional penggunanya. Dikutip dari jurnal Applying Uses and
Gratifications Theory to Students’ Linkedin Usage oleh Bela Florental (2015:
17)yang mengutip dari Bradley (2011) dan Buck (2012)bahwa to cater
exclusively to professionals, it enables users to search for employment
opportunities, research companies and industries, include resume information in
their profiles and give or receive recommendations. On LinkedIn or other
business networks, the focus is clearly on professional life (Papacharissi,
2009). Linkedin merupakan salah satu situs jejaring sosial yang begitu populer
belakangan ini baik perindividu maupun perusahaan. Jika situs jejaring sosial
lainnya sperti Facebook, WhatsApp, Instagram, Twitter lebih beriorientasi pada
layanan pertemanan dan pribadi, situs jejaring sosial Linkedin ini
beriorientasi pada layanan bisnis terutama untuk jaringan profesional dan
pengusaha. Linkedin memiliki perbedaan yang menonjol antara situs jejaring
sosial lainnya terletak pada bentuk penyajian informasinya yang mirip dengan
sebuah riwayat hidup, CV (curriculume Vitae), atau resume lengkap seseorang.
Oleh sebab itu, banyak menggunakan linkedin oleh peusahaan unruk mencari calon
pekerja yang dibutuhkan serta mempromosikan atau memperluas jaringan bisnis
mereka. Di Indonesia, banyak perusahaan yang sudah menggunakan situs ini, guna
kepentingan bisnis. Beberapa diantaranya adalah PT. HM Sampoerna, Kopi
Kenangan, dan PT. Bank Mandiri. Saat ini, pengguna Linkedin mencapai lebih dari
150 juta dari 200 negara dn wilayah di seluruh dunia. Menurut Republika.co.id
(21 Februari ~ 199 ~ 2012), pengguna Linkein di Indonesia tembus 1 juta.
·
Sejarah Dibentuknya Situs
LinkedIn
Pendiri
utama Linkedin adalah Reid Hoffman,
pada tahun 2002. Situs resmi LinkeIn,
yaitu http://www.Linkedin.com/
yang diluncurkan
pada 5 Mei 2003. Saat itu, Reid
Hoffman menggunakan
sebanyak 350
kenalanya untuk bergaabung di situs tersebut.
Profil mereka dimuat
di dalam situs
tersebut. di akhir bulan, situs Linkedin
berhasil menjaring 4.500 pengguna.
Dan akhirnya Linkedin memiliki
lebih dari 14 juta pengguna yang
meliputi 150 perusahaan dari berbagai
negara pada bulan September 2007.
Melalui situs Linkedin, penggunanya
dapat mengenal beberapa perusahaan
sehingga mempermudah mereka
untuk mencari pekerjaan. Begitu juga
sebaliknya, perusahaan juga dapat menemukan
karyawan professional yang dibutuhkan
dengan mudah. Dan
inilah rahasia kesuksesan situs Linkedin.
Kebanyakan orang pasti tidak mau
mencampurkan kehidupan pribadi mereka
dengan kehidupan karir mereka. Mungkin
mereka akan senang mengupload
berbagai foto pribadi
pada situs
jejaring social lainnya seperti facebook
atau twitter, tetapi mereka tidak
akan melakukannya pada situs jejaring
social Linkedin. Hal ini disebabkan
karena mereka tidak ingin foto-foto
pribadi itu dilihat oleh perusahaan
yang mungkin akan merekrut mereka. Linkedin bisa mendapatkan
uang dari
para pengguna yang terdaftar sebagai
anggota, penjualan iklan, dan informasi
lowongan kerja. Berbeda dengan
situs jejaring social lainnya seperti
Facebook atau Twitter yang bergantung
pada iklan, penghasilan situs jejaring
sosial Linkedin yang signifikan berasal
dari upah yang diberikan oleh jasa
pencarian kerja. Setiap
detik ada anggota baru yang bergabung
di Linkedin. Sekarang ini Linkedin
sudah mempunyai lebih dari 150
juta anggota dari 200 negara. Kantor pusat
Linkedin berada di Mountain View,
California. Perusahaan ini didanai oleh
Sequoia Capital, Greylock Partners, serta
Bessemer Venture Partners. Pada tahun
2003, Sequoia Capital menanamkan
modal $4,7 juta dan kini meningkat
menjadi sekitar $1,6 miliar. Pada
tahun 2004, Greylock Partners menanamkan
modal $10 juta kini meningkat
menjadi sekitar $1,3 miliar. Pada
tahun 2007, Bessemer Venture Partners
menanamkan modal $12,8 juta dan
kini meningkat menjadi sekitar $430 juta.
·
Pendiri
Linkedin
Linkedin didirikan
oleh beberapa orang berikut:
1. Reid Hoffman
2. Allen Blue
3. Konstantin
Guericke
4. Eric Ly
5. Jean-Luc Vaillant
·
Fitur-fitur
Linkedin
Fitur-fitur Linkedin, diantaranya:
1. Search
Digunakan untuk melakukan pencaharian dengan cepat dan
mudah hanya dengan menuliskan kata kunci tertentu. Berapa hal yang bisa dicari adalah
pekerjaan, orang, pembaruan, tanya jawab, kontak pesan dan grub.
2. Add connections
Dengan fitur ini bisa menambahkan koneksi untuk memperluas
dan meningkatkan hubungan profesional anda. Anda dapat mengundang siapa saja
untuk menjadi koneksi anda baik melalui impor kontak dari alamat email anda atau
melalui email denganmengirimkan pesan undangan untuk bergabung di Linkedin.
3. Share Update Status
Linkedin memungkinkan untuk berbagi update status
seperti halnya pada status jejaring sosial facebook atau Twitter. Linkedin
sudah dilengkapi dengan fitur Twitter Application sehingga apabila akun Linkedin
anda terintegrasi dengan akun twitter anda, maka akan muncul di akun twitter
anda.
4. Company Page
Dengan fitur ini bisa mengetahui berbagai informasi
seputar perusahaan, produk, atau jasa yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan.
5. Company Follow
Fitur ini diguanakan untuk mempermudah jika ingin
mengikuti perusahaan tertentu yang tergabung di Linkedin.
6. Company Share
Dapat membagikan Perusahaan kepada pengguna lain
dengan cepat dan mudah menggunkan fitur Share.
7. Group
Linkedin memiliki berbagai macam grup atau kelompok
dimana dapat bergabung di dalamnya.
8. Share Group
Ketika berada dalam sebah grup tertentu, bisa melihat
link share group yang memungkinkan kita untuk dapat membeagikan grup kepada
orang lain dengan cepat dan mudah.
9. Linkedin Today
Linkedin menyediakan layanan Linkedin Today dimana
kita dapat mengetahui berita-berita atau informasi terkini seperti layaknya sedang
membaca surat kabar.
10. Answer
Fitur ini mirip dengan layanan Yahoo! Answer dimana
dapat membagikan pertanyaan kepada orang lain kemudian anda akan mendapatkan
jawaban atas pertanyaan tersebut.
11. Apply Now
Fitur ini digunakan untuk mempermudah kita ketika
ingin melamar pekerjaan.
12. Save Job
Ketika membuka halaman lowongan pekerjaan, anda juga
akan melihat link Save Job yang
memungkinkan kita untuk menyimpan lowongan pekerjaan yang
disediakan oleh Perusahaan tertentu.
13. Share Job
Setiap lowongan pekerjaan yang disediakan peerusahaan
juga dapat dibagikan ke Likedin, Facebook, Dan Twitter.
·
Manfaat
Linkedin
Linkedin unggul dalam hal bidan bisnis dan karier,
jika dibandingkan dengan situs jejaring sosial lainnya, seperti facebook atau twiter.
LinkedIn has many capabilities that facilitate the type of networking that
college students must engage in to find internships, jobs and make professional
connections. Users post an equivalent to a resume on the site, including
specific skills they possess. The website uses statistical techniques to
connect or link users with potential contacts and relevant groups (Albrecht,
2011). Berikut adalah manfaat ketika memakai jejaring sosial Linkedin :
1. Membangun profil profesional
Penyajian informasi di Linkedin bisa dijadikan sebagai
CV atau resume lengkap untuk promosi diri dalam mencari pekerjaan. Anda dapat
membuat dan mengatur sendiri informasiinformasi apa saja yang menurut anda penting
untuk diketahui oleh professional lainnya.
2. Membangun jaringan professional
Linkedin dapat digunakan siapa saja dari berbagai
kalangan baik itu individu atau perusahaan. Dengan bergabung di Linkedin anda
bisa membangun dan memelihara jaringan professional dengan semua orang. Di
dalam Linkedin juga tersedia beberapa group atau kelompok dimana anda dapat
bergabung di dalamnya sesuai dengan bidang, profesi, keahlian, atau kemampuan
yang anda miliki.
3. Mengenal Perusahaan
Melalui Linkedin anda juga dapat mengenal
perusahaan-perusahaan yang anda minati mengingat saat ini banyak perusahaan
yang memanfaatkan Linkedin untuk mencari tenaga kerja professional atau
mempromosikan bisnis mereka.
4. Tetap terhubung dengan teman atau kolega
Perkembangan dunia informasi yang sangat cepat juga
memungkinkan seseorang untuk mengubah-ubah informasi tentang dirinya dengan
cepat. Dengan bergabung di Linkedin, anda tetap bisa terhubung dengan teman
atau kolega anda, sehingga apabila mereka melakukan perubahan informasi tentang
dirinya, anda tetap dapat mengetahui update terbaru perubahan informasi tersebut.
5. Menemukan seorang ahli
Misalnya anda sedang menghadapi sebuah masalah dan
anda tidak bisa menyelesaikannya, anda bisa memanfaatkan Linkedin untuk mencari
solusi tentang masalah anda. Anda dapat menemukan seorang ahli berdasarkan nama,
pekerjaan, perusahaan, atau kata kunci lain yang terkait dengan masalah anda.
6. Menemukan mitra bisnis
Menemukan mitra bisnis terkadang menjadi sebuah proses
yang lama dan melelahkan karena anda harus melakukan seleksi. Tetapi dengan Linkedin
anda dapat menemukan mitra bisnis dengan cepat dan mudah. Anda hanya menemukan
orang yang tepat diantara banyak pengguna Linkedin.
7. Peluang berkembang karir
Melalui Linkedin anda bisa mencari informasi seputar
pekerjaan yang akan menunjang pengembangan karir anda. Selain itu perusahaan
yang bergabung di Linkedin juga dapat membuka halaman profil anda sehingga
mereka bisa melihat portofolio anda. Apabila portofolio anda sesuai dengan
kriteria Perusahaan mereka, tentunya ada kemungkinan perusahaat tersebut
merekrut anda.
8. Sebagai alat rekrutmen perusahaan
Dikutip dari jurnal Penerapan Platform Media Sosial
Linkedin Sebagai Alat Rekrutmen oleh (Hamzah dan M. Hatta, 2021: 15) bahwa
Proses rekrutmen konvensional menghabiskan lebih banyak waktu dan biaya serta organisasi
terbaik dalam mempekerjakan karyawan terbaik dengan biaya terendah. Hal
tersebut menjadi sebuah keharusan dalam bersaing demi meraih keunggulan kompetitif
di dunia industri. Seiring berjalannya waktu, proses rekrutmen sudah berubah
dari metode konvensional menjadi metode dengan penerapan teknologi seperti
melalui rekrutmen berbasis website, job street, dan social media sebagai alat
rekrutmen perusahaan.
·
Cara Menggunakan
Linkedin
Linkedin dapat
digunakan oleh semua orang baik itu individu maupun perusahaan. Bagi individu,
Linkedin berfungsi sebagai media untuk promosi diri dalam mencapai pekerjaan.
Sedangkan bagi perusahaan, Linkedin berfungsi sebagai media untuk mencari
karyawan serta memperomosikan atau memperluas jaringan bisnis mereka.
Berikut cara cara
untuk menggunakan Linkedin:
1. Menambahkan
koneksi
Di dalam Linkedin
anda bisa menambahkan koneksi sebanyak mungkin untuk memperluas jaringan professional
anda. Berikut ini adalah beberapa teknik yang bisa digunakan untuk menambahkan
koneksi.
a. Melalui fitur add connection
b. Melalui fitur search
c. Melalui halaman profile seseorang
2. Meminta
Rekomendasi
Rekomendasi adalah
sebuah komentar yang ditulis untuk merekomendasikan seseorang terkait dengan
pekerjaan atau sekolah mereka. Sebelum membuat keputusan untuk merekrut atau
menjalin hubungan, biasanya perusahaan akan mempertimbangkan rekomendasi yang anda
miliki. Salah satu cara untuk mendapatkan rekomendasi yaitu dengan meminta
rekomendasi kepada koneksi anda.
3.
Merekomendasikan seseorang
Anda juga dapat
merekomendasikan orang lain sebagai rekan kerja, penyedia layanan, mitra
bisnis, atau teman sekolah anda. Dengan merekomendasikan seseorang tentunya
jaringan professional anda akan semakin kuat.
4. Melakukan
update status
Selain untuk
menjalin koneksi dan memperluas jaringan professional, Linkedin juga dapat
digunakan untuk berbagi pikiran, ide, berita, atau informasi melalui update
status.
5. Membagi link
URL
Misalnya anda
menemukan artikel yang menarik di internet dan ingin memberitahukannya kepada
orang lain, anda bisa langsung membagikannya dengan melampirkan link URL situs tersebut
pada update status.
6. Memberikan
komentar
Untuk mempererat
hubungan koneksi dan jaringan professional, anda bisa saling memberi komentar pada
aktivitas koneksi anda.
7. Mengirim pesan
Anda dapat
mengirim pesan untuk berinteraksi dengan koneksi anda. Ada 3 metode yang bisa
anda gunakan untuk mengirim pesan, yaitu melalui halaman Inbox, Connections,
dan profile.
· Gambaran Aplikasi LinkedIn
Gambar 1.1
Logo LinkedIn
Gambar 1.1 Halaman Utama LinkedIn
Gambar 1.2 Profil Pengguna LinkedIn
Gambar 1.3 Lowongan pekerjaan dan koneksi yang
tersedia dalam LinkedIn
DAFTAR PUSTAKA
1.
https://bentaracampus.ac.id/mengenal-linkedin-manfaat-dan-tips-membuatnya-bagi-mahasiswa/
2.
https://id.linkedin.com/pulse/manfaat-linkedin-bagi-karir-pekerjaan-kita-maria-josefina
3.
https://www.detik.com/jabar/jabar-gaskeun/d-6238037/linkedin-apa-itu-fungsi-dan-cara-menggunakan
4.
https://www.spylead.com/blog/known-and-unknown-benefits-of-linkedin
5.
https://dianisa.com/pengertian-linkedin/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar